Tuesday, April 3, 2012

Cara Memandikan Bayi Ala Saya

berawal dari permintaan seorang teman tunanetra, yang memintaku untuk mendeskripsikan bagaimana cara aku memandikan baby Dara.
Semoga bisa membantu ya :)

pertama-tama, aku baringkan baby Dara di baby Bather (tempat memandikan bayi) dengan tangan kiri tetap melingkar di leher bagian belakang dan telapak tangan kiri juga memegang ketiak bayi. oya, baby bather ini bukan bak mandi ya.... Untuk baby bather ini kebetulan aku belum punya fotonya, Insya Allah nanti fotonya nyusul, tapi di internet juga banyak gambarnya kok. :)
Jadi baby bather ini semacam kursi untuk memudahkan kita dalam memandikan bayi.
Aku rasa untuk para bunda yang juga tunanetra seperti aku cukup membantu mempermudah kita memandikan bayi.



  • - setelah dibaringkan, aku akan cuci mukanya terlebih dahulu, caranya:
  • ambil air yang telah disediakan dengan tangan, lalu usap wajah bayi dari atas sampai bawah dengan telapak tangan secara berulang sampai terasa bersih. Pada saat tangan melewati mata, gunakan jari telunjuk untuk membersihkan kelopak mata, karena di pojok mata bayi biasanya sering terdapat kotoran mata. Jangan khawatir untuk para bunda yang tunanetra, karena kotoran mata bayi atau kotoran apapun yang terdapat di badan bayi akan terasa oleh tangan kita.
  • - setelah wajah bayi terasa bersih, aku akan bersihkan kepalanya. caranya:
  • basahi kepala bayi dengan air yang telah disediakan, dengan cara mengusapnya beberapa kali dari kepala bagian depan sampai bagian belakang hingga terasa cukup basah dan siap untuk diberi shampo. Setelah dibersihkan dengan shampo, kemudian bersihkan kembali dengan air, caranya yaitu sama seperti tadi, dengan mengusap kepala bayi berulangkali, hingga terasa bersih.
  • - Setelah selesai mengeramasi bayi, maka kini saatnya membersihkan badan bayi, dengan cara:
  • basahi badan bayi terlebih dahulu dengan cara menyiram-nyiramkan air yang telah disediakan di gayung dengan tangan, tidak mengguyurnya langsung dengan gayung ya :D
  • kemudian sabuni seluruh badan bayi, termasuk tangan dan kakinya, jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jari tangan dan kaki bayi, setelah dirasakan bersih, lalu bersihkan seluruh badannya dengan cara seperti tadi saat membasahi badan bayi. oya, jangan lupa juga membersihkan kemaluannya, untuk membersihkan miss V nya, aku biasanya memakai kapas yang telah diberi air hangat.
  • - selesai deh...

oya ada yang lupa, kupingnya tuh belum dibersihkan. hehehe.
Untuk membersihkan kuping biasanya aku lakukan setelah mencuci mukanya, yaitu dengan cara membasahi tangan dengan sedikit air, kemudian bersihkan dengan tangan. untuk lubang telinga aku juga membersihkannya dengan jari, , tidak dengan cutton bud. lah kok bisa?
Don't worry be happy, kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya ke pinggiran lubang telinga, sehingga keberadaannya bisa dirasakan dengan jari.

ok deh, segitu dulu ya, untuk cara memakaikan baju pada bayi, DLL. seputar perawatan bayi, aku akan share jika ada teman-teman tunanetra yang request juga. hehehe...

No comments: